Bagi Arman Salam, Pertemuan Puan-AHY Bisa jadi untuk Jegal Capres Tertentu

Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS), Arman Salam/RMOL
Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS), Arman Salam/RMOL

Di tengah kabar akan bertemunya Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono muncul berbagai spekulasi politik. Salah satu yang muncul, keduanya bisa saja bertemu untuk menjegal figur tertentu yang layak diusung di tahun 2024 mendatang.


Pandangan itu disampaikan Direktur Riset Indonesia Presidential Studies (IPS), Arman Salam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (1/10).

Menurut Arman, saat ini peta koalisi terkait dengan Pilpres 2024 masih sangat cair. Sehingga seluruh Parpol sedang melakukan penjajakan politik.

Meski demikian, Arman membaca, selain penjajakan koalisi, juga nampak gerakan elite partai sangat kental nada saling potong-memotong.

"Misalkan figur Anies Baswedan yang juga salah satu primadona Capres nasibnya ada di tangan tiga partai yakni Nasdem,  Demokrat dan PKS karena ketiga partai tersebut yang nampaknya bisa diandalkan Anies," demikian bacaan Arman.

Bagi Arman, rencana pertemuan AHY dan Puan sangat mungkin terjadi. Analisa Arman,  selain penjajakan koalisi bisa juga komunikasi pesan dari motif jegal menjegal figur atau calon tertentu.

Lebih lanjut, Arman menganalisa, dalam sejarah koalisi. agak sulit demokrat dan PDIP berkoalisi. Sebab, aja dan ratu dari kedua partai tersebut langgamnya masih perang dingin atas atas kejadian masa lampau.

"Tapi politik tidak selalu bundar kadang kotak kembali pada sebesar apa kepentingan saling beradu dan terakomodir," pungkas Arman.