Gedung Putih: Presiden Joe Biden Siap Maju di Pilpres AS 2024

Presiden Joe Biden/Net
Presiden Joe Biden/Net

Laporan media soal niat Presiden AS Joe Biden maju di pemilihan presiden 2024 akhirnya mendapat konfirmasi dari Gedung Putih.


Berbicara selama konferensi pers Selasa (4/10) waktu setempat, Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre membenarkan hal itu.

“Presiden telah mengatakan ini sendiri, dia berniat mencalonkan diri pada 2024,” kata Jean-Pierre, saat ditanya wartawan soal laporan NBC yang menyebutkan bahwa Biden secara terbuka mengutarakan niatnya untuk maju di pilpres AS 2024 kepada aktivis hak-hak sipil Pendeta Al Sharpton.

“Saya hanya akan mengulangi apa yang telah dikatakan presiden berkali-kali, apa yang telah saya katakan berkali-kali, adalah bahwa presiden bermaksud untuk mencalonkan diri,” tegasnya, mengulangi tanggapan yang telah disampaikan Biden selama segmen "60 Menit" bulan lalu.

Biden diduga membuka rencana pencalonannya untuk pilpres 2024 saat bertemu dengan Pendeta Al Sharpton di Gedung Putih bulan llau.

"Saya akan melakukannya lagi," kata Biden kepada Al Sharpton pada awal September, menurut laporan NBC pada Selasa (4/10).

Sebelumnya, Biden, yang akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan keduanya pernah meminta saran Sharpton saat akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada tahun 2020.

Peringkat persetujuan Biden telah mengalami penurunan selama berbulan-bulan, meskipun baru-baru ini naik menjadi 42,1persen dari level terendah sepanjang masa 36 persen pada bulan Mei.

Pada saat yang sama, antusiasme pemilih di kalangan Demokrat telah merosot lima poin pada bulan lalu dan lebih dari setengah pemilih partai yang disurvei ingin Biden pensiun pada akhir masa jabatan pertamanya.