Ronaldo Cetak Rekor, Portugal Benamkan Ghana 3-2

 Cristiano Ronaldo sukses mengeksekusi penalti yang berbuah rekor di Piala Dunia/Net
Cristiano Ronaldo sukses mengeksekusi penalti yang berbuah rekor di Piala Dunia/Net

Sejarah tercipta di Stadium 974 saat Portugal menghadapi Ghana pada Jumat dinihari WIB (25/11). Sejarah itu adalah rekor Cristiano Ronaldo yang menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di 5 Piala Dunia berbeda.


Lebih elok lagi, gol Ronaldo itu ikut membawa Seleccao meraih kemenangan 3-2 atas Black Stars.

Dominasi langsung ditunjukan Portugal sejak awal laga. Membuat para pemain Ghana praktis lebih banyak di wilayah mereka. Hanya sesekali melakukan serangan yang kurang berarti.

Meski demikian, tak satupun tekanan Portugal yang sukses dikoversi menjadi gol. Penyelesaian akhir yang buruk jadi penyebabnya.

Toh semuanya berubah ketika wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Ghana. Ronaldo yang jadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Tendangan Ronaldo yang sebenarnya sudah dibaca dengan baik oleh kiper Ghana, Lawrence Ati, pun menjadi sejarah baru di Piala Dunia. Pemain berjuluk CR7 itu menjadi pemain pertama yang mampu konsisten mencetak gol di 5 Piala Dunia berbeda.

Gol ini memantik Ghana untuk lebih berani menyerang. Dan hasilnya diraih sekitar 8 menit kemudian. Umpan silang Kudus Mohamed dilanjutkan dengan sentuhan akhir apik oleh Andre Ayew.

Tempo permainan pun menjadi lebih tinggi. Baik Portugal maupun Ghana sama-sama bernafsu mencetak gol tambahan. Dan, pemenangnya sudah tentu Portugal.

Berawal dari kesalahan pemain Ghana, Portugal langsung memanfaatkannya dengan sebuah serangan balik. Joao Felix yang tak terkawal sukses membuat Ati kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Belum sempat Ghana menarik napas, Portugal sudah kembali mencetak gol dalam rentang 2 menit saja. Kali ini giliran Rafael Leao yang mencatatkan namanya di papan skor. Lolos dari jebakan offside, Leao kemudian melakukan tendangan melengkung yang mengarah ke tiang jauh gawang Ati. Kedudukan menjadi 3-1 untuk Portugal.

Sayang, keunggulan ini membuat Seleccao sedikit lengah. Membuat Osman Bukari masih sempat memperkecil ketinggalan pada menit 89.

Bahkan Ghana nyaris menyamakan kedudukan pada menit akhir laga. Berawal dari ketidakwaspaan Diogo Costa hingga bola bisa dicuri Williams. Bola pun langsung dikirim ke arah gawang yang sudah ditinggal kiper Portugal.

Beruntung ada Danilo Pereira yang masih bisa menyapu bola, sehingga Portugal tetap menang 3-2.

Portugal 3-2 Ghana

(Ronaldo 65' p,  Felix 78', Leao 80' - A Ayew 73', Bukari 89')

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo, Danilo Pereira, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafael Leão 77'), Bernardo Silva (Joao Palhinha 88'), Bruno Fernandes; Otavio (William Carvalho 56'), Joao Felix (Joao Mario 88'), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88').

Ghana: Lawrence Ati-Zigi; Alidu Seidu (Tariq Lamptey 66'), Daniel Amartey, Alexander Djiku, Mohammed Salisu, Abdul-Rahman Baba; Mohammed Kudus (Osman Bukari 77'), Thomas Partey, Salis Abdul Samed, Andre Ayew (Jordan Ayew 77'); Inaki Williams.