Tampil Percaya Diri, Spanyol Gulung Kosta Rika 7 Gol Tanpa Balas

Gulung Kosta RIka 7-0, Spanyol catatkan kemenangan terbesar di Piala Dunia 2022/Net
Gulung Kosta RIka 7-0, Spanyol catatkan kemenangan terbesar di Piala Dunia 2022/Net

Kepercayaan diri adalah salah satu modal yang mutlak dimiliki sebuah tim untuk bisa meraih kemenangan. Itulah yang ditunjukkan pasukan muda Spanyol saat menghadapi Kosta Rika di laga perdana mereka di Piala Dunia 2022, Kamis dinihari (24/11).


Bagaimana tidak, meski menurunkan sejumlah pemain muda, Tim Matador bermain laiknya sebuah tim berpengalaman. Khususnya di ajang sepak bola terbesar, Piala Dunia.

Para pemain muda Gavi, Pedri, Ferran Torres, dan Dani Olmo yang diturunkan pelatih Luis Enrique sebagai starter mampu mengimbangi permainan senior mereka. Seperti Sergio Busquets, Aymeric Laporte, maupun Jordi Alba.

Berkat kepercayaan diri yang tinggi ini, Spanyol terlihat sangat nyaman memainkan gaya khas mereka yang banyak melakukan umpan-umpan pendek.

Gol pertama yang dicetak Dani Olmo pada menit 11 menunjukkan gaya khas Spanyol tersebut efektif memporakporandakan pertahanan Kosta Rika. Dengan sebuah kontrol apik, Olmo melakukan sebuah penyelesaian akhir yang apik untuk membuka pesta gol Spanyol di  Al Thumama Stadium.

Babak pertama pun ditutup Spanyol dengan keunggulan 3-0. Dua gol tambahan dicetak Marco Asensio dan tendangan penalti Ferran Torres.

Amukan banteng-banteng Spanyol ini rupanya tak berhenti setelah unggul 3-0. Babak kedua baru berjalan sekitar 8menit, Ferran Torres mencatatkan gol keduanya di laga ini. Gol ini dicetak Torres tanpa melihat gawang, tapi sudah cukup untuk kembali memperdayai kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Dalam laga ini, kiper Spanyol Unai Simon praktis tak banyak bekerja. Pasalnya, dengan penguasaan bola yang kuat, mencapai 71 persen, membuat Kosta Rika benar-benar tak diberi kesempatan untuk melakukan serangan ke pertahanan La Roja.

Terlebih lagi, lini tengah dan depan Spanyol "sibuk" untuk terus menambah gol mereka. Di mana gol berikutnya dicetak pemain muda Gavi melalui sebuah tendangan first time usai menerima umpan matang Alvaro Morata pada menit 74.

Ditambah oleh Carlos Soler yang memanfaatkan bola muntah hasil tepisan Navas dengan sebuah sepakan akurat yang gagal ditebak kiper Kosta Rika itu.

Gol penutup Spanyol yang dicetak Morata makin menunjukkan mereka sangat nyaman memainkan tiki taka. Umpan pendek yang diiringi pergerakan tanpa bola dan diakhiri dengan sebuah sepakan kaki kiri Morata ke arah tiang yang tak bisa dijangkau Navas.

Sejauh ini, Spanyol menjadi tim yang mencatatkan kemenangan paling besar di Piala Dunia 2022. Sekaligus memantapkan mereka di puncak klasemen Grup E. Di atas Jepang yang secara sensasional mengalahkan Jerman di laga sebelumnya.

Spanyol 7-0 Kosta Rika

(Olmo 11', Asensio 21', Torres 31' p, 54', Gavi 74', Soler 90', Morata 90+2')

Spanyol: Unai, Alba (Balde 64'), Laporte, Rodri, Azpilicueta, Busquets (Koke 64'), Gavi, Pedri (Soler 57'), Torres (Morata 57'), Asensio (Williams 69'), Olmo

Kosta Rika: Navas, Calvo, Martinez (Waston 46'), Duarte, Fuller, Oviedo (Matarrita 82'), Bennette (Bryan Ruiz 62'), Tejeda, Borges (Aguilera 72'), Campbell, Contreras (Zamora 61').